Minggu, 26 Oktober 2014

Mt. Andong

naik gunung
sedikit mau cerita tentang pengalaman naik gunung pertama
ceritanya September 2014 kemaren, aku dan temen- temen kampus ngrencanain naik gunung. dan berhubung kami semua ini masih pemula maka terpilihlah gunung andong 1726mdpl sebagai gunung pertama yang kita daki. gunung andong terletak di kecamatan Grabak Kabuaten Magelang. 
Setelah ngumpulin banyak orang, akhirnya terpilihlah tanggal 27 September 2014 sore buat kita - kita naik gunung. Karena kita - kita ini perempuan semua *secara mahasiswa bidan -_-* jadi kita minta bantuan sama om nya multi buat nemenin sekaligus mandu kita naik gunung. 
Sialnya, tanggal 27-09 itu dari pagi sampe sore aku jadi panitia acara gitu, dan aku kebagian jadi seksi perlengkapan. tenaga yang harusnya aku siapin buat naik gunung sore harinya udah abis duluan buat jadi panitia.
....
emmm tadinya rencana naik guung jam 5 dari kampus terus nunggu di rumah nenek nya multi. Tapi ya rencana doang, kenyataannya kita berangkat dari kampus habis maghrib. Dari kampus kita boncengan naik motor, ada sekitar 5 motor perempuan semua. terus kita ke tempat neneknya multi buat ketemu sama om nya multi dan kawan-kawannya. 
sampe ditempat neneknya multi, aku agak kaget sih liat bawaan om nya multi dan kawan-kawannya. tas karrier gede banget. padahal aku bawanya cuma tas yang biasa buat main. *oke ini naik gunung apa mau main*. temen - temen ku juga gitu deeng bawanya tas main :D Setelah kumpul semua, kita langsung nglanjutin perjalanan ke gunung andong. Kita lewatnya pakis arah kopeng.
Ehem,berhubung ini aku dan teman2 aku baru pertama naik gunung, jadi perlengkapan yang dibawa juga santai aja kaya mau main. ternyata jalan mau kegunung itu dingin banget men -,- padahal jaket yang dipake juga pada jaket santai. akhirnya sepanjang jalan pada pake jas hujan *padahal ga hujan -_-
....
kira - kira jam 9 malem kita baru sampe basecamp gunung andong. lama? iya lama. di jalan tadi ada yang bocor ban nya jadi ya nunggu gitu. 

mukamuka kasian:D
istirahat sebentar dan kita langsung nglanjutin buat naik gunungnya. sebelumnya kita registrasi dulu di basecamp trus di brifing dulu tentang medan gunungnya. terus baru naik.
awalnya aku jalannya biasa aja, datar. aku pikir enak banget jalannya gini. eh ternyata habis itu jalan nya naiiiiiiiikkk mulu. berkelok-kelok kaya usus gitu, plus naik. yang tadinya jalan di tengah aku jadi jalan di paling belakang. capek duluan men :3
untungnya aku ditemenin sama om nya multi. jalan berdua dibelakang. berhubung malem minggu jadi trek gunung yang dilalui lumayan rame sama pendaki, aku jadi ga ngerasa paling belakang banget. *kan ada lagi team lain dibelakangnya aku :D
sepanjang trek naik,pemandangan yang bisa diliat keren banget. langit magelang malem hari. keren deh. di situ juga aku dapet banyak pelajaran berharga.
karena aku jalannya paling belakang, dan team aku udah naik duluan, aku baru sampe puncak kira - kira jam 11maleman. lama kaan :3 iyaa kan tadi dijalan bentar2 berhenti. capek. 
sampe di puncak udah banyak dume yang berdiri. untung aja tadi sore salah satu dari team kita udah ada yang naik duluan dan ndirin dume buat kita. baiknyaaaaa.
...
pas tidur di dalem dume subhanallah dinginnyaaaa. padahal udah pake jaket, jas hujan, double sarun tangan, double kaus kaki, pake sleeping bag juga tapi tetep aja dingin -_-
pagi nya capek, dingin, laper akhirnya dibayar sama sunrise yang woooww. 
 
 
dari kiri: aku,azizah,hevi,karina,ivada,dudu,evi,tarbi,mas nung, multi
 




hey, it's always been you


naik gunung andong bikin aku belajara banyak hal. solidaritas team itu penting banget,sesama anggota team kudu bisa nyingkirin egoisme masing masing. selama naik gunung juga harus berfikiran positif. kekuatan fisik kita juga berdasarkan sugesti yang diberikan sama pikiran kita. se sulit apa rintangan yang dihadapi,tetaplah berfikiran kita bisa menaklukkannya.
seseorang yang hebat itu bukan yang bisa naik gunung sambil lari, tapi mereka yang bisa membimbing temannya dengan sabar dan mendaki bersama tanpa mengedepankan egoisme.

Sabtu, 30 Agustus 2014

Sembilan Belas :*



hallo assalamualaikum..
udah lama ga nulis blog. sempet ada niatan mau nulis sih, tapi koneksinya nggak mendukung :(
ehh btw nggak krasa udah akhir agustus yaa.
seperti biasa dari dulu sampe sekarang mesti ada yang namanya 'ulang tahunnya ilma' :D
kayak biasanya juga sejak lulus SD, hari ultahku mesti pas aku di perantauan. maklum anak terlantar fufufu
nggak krasa udah 19th.katanya udah mau dewasa. katanya lhoo
aku sih ngrasa biasa aja haha
agak sedih juga udah 19th. kayaknya baru kemaren ulang tahun ke-4 terus dikasih hadiah bando warna item. kayaknya baru kemaren main main sama tetangga sampe sandalnya hanyut. kayaknya baru kemaren diajarin ibu naik sepeda dibelakang rumah. kayaknya baru kemaren diajarin mbaca sampe nangis nangis :'D ternyata itu udah sekitar 14th lalu :')
kangen juga masa masa dulu pas belum segede ini. kangen pas masih sering ngabisin waktu dirumah sama ibuk bapak firda. kangen main sama tetangga yang sekarang udah gabisa lagi, karena mereka mainnya udah sama anak masing - masing.
ahh itu masa yang ga bisa terulang lagi. cuma bisa dikenang eleeh
ulang tahun ke 19 ini agak so sweet juga ternyata :D
pas malem - malem, tiba2 asih sama azizah ngasih kue(?) ulang tahun sama distelin lagunya jambrud yang 'selamat ulang tahun'. (so sweet kan) padahal kue yang dikasihkan, expired nya tanggal 29 agustus. raawrr banget kaan :3
siangnya kebetulan lagi ngospek adek tingkat, trus multi nyanyi selamat ulang tahun pake lyric nya diganti gini coba : semoga Tuhan cepat memberi jodoh, sehat selama-lamanya :D pokokmen so sweet 
oiyaa di 19tahun ini banyak banget yang ngucapin selamat ulang tahun.ngomong tentang ngucapin ulang tahun, jadi keinget tahun lalu. ada yang nelpon malem - malem jam 12an yang intinya mau ngucapin gitu, tapi aku nya malah tidur dan ngangkat telpon nya setengah sadar. entah apa jawabannya aku waktu itu. aku juga lupa :D
tahun ini alhamdulillah masih banyak yang peduli buat ndoain di ultahnya ilma, ada yang doanya simple banget sampe yang panjang banget. pokoknya mau yang panjang ataupun simple semoga yang ndoain tulus dari hati :)
apapun itu, sekarang udah gak penting lagi berapa yang ngucapin ulang tahun, ngarepin kado kaya pas masih SD. sekarang yang dipikirin itu usia udah makin banyak. apa yang udah dilakuin untuk ngisi usia? kedepannya mau gimana? udah bahagiain orang tua sejauh apa? tambah deket apa tambah jauh sama Allah?udah siap nikah belum?:p
"wruhing diri, mawas diri, jati diri, aku iki sopo, aku arep ngopo, mengko kepriye, weruhe kanthi tajon, dadine kanthi tiru - tiru. Becike kanthi tumandang". - Bapak

Bumijawa, 30 agustus 2014
ilma ratih zukrufiana

Kamis, 30 Januari 2014

spasi ~

judulnya spasi. agak aneh kaan :3
terinspirasi dari spasi hp ku yang tiba tiba rusak kena air -_-
sebenernya spasi itu sederhana banget kan, cuma jarak yang misah misahin huruf. tapi ternyata fungsinya gak sesederhana yang dibayangin. berhubung aku nggak tau definisi spasi itu apa, mending aku buka google.
.....

*jengjeng*

katanya spasi adalah "spasi adalah daerah kosong yang digunakan sebagai pemberi jarak dan pemisah....."

naahh bisa dibayangin kan kalo misal spasi di hp rusak. ngga ada pemisah yang bisa digunain buat misahin kata. kan hurufnya jadi nyambung semua. kalo yang nulis sih bisa mbaca. nah yang mbaca ya pusing. apalagi udah ibu ibu.
misalnya gini : selamatpagiimas:) ~ nah nggak kece kan tulisannya. ruwet :3
beda kalo gini : selamat pagii mas :* ~ kan lebih kece. emotnya beda juga haha

nah kan dengan adanya spasi itu bisa bikin tulisan jadi bagus. gampang di baca. ada maknanya juga. begitu juga spasi dalam sebuah hubungan

*jengjeng*

spasi juga bukan hanya diartikan sebagai jarak yang sudah memisahkan ratusan kilometer *kalo itu emang beneran spasinya*

bukannkah kita menyayangi seseorang juga awalnya karena ada ruang untuk menyayangi? bukannkah hubungan itu bisa berjalan juga karena ada spasi? bukankah rasa rindu juga muncul karena ada jarak? bukannkaah komunikasi juga butuh jarak?
tuukan jarak lagi~

tapi kalo spasi terlalu jauh kan nggak bagus juga kan. misal : aku                         sayang           kamu        :   *

tuhh. bisa kebaca? bisa. tapi kan kayak nggak gabung jadi satu kesatuan kaan. bisa aja spasi itu di manfaatin buat bikin kata baru. misal : aku (tidak) sayang kamu :(3)*

dalam sebuah hubungan juga gitu. spasinya jangan kejauhan. nanti ditikung sama orang lain. nahloo
kalo udah dipisahin jarak ratusan kilo ya paling enggak bisa lebih merapatkan spasi dalam hal lain. komunikasinya lebih sering kan bisa. jadi kan menutup jarak yang jauh banget itu.

tapi intinya sih harus ada 'saling' pengertian antara penjalin spasi. jadinya bisa meminimalisir miskomunikasi dalam hubungan itu. rasa saling percaya juga wajib banget ada, kan biar di (spasi) nya nggak ditempatin sama orang baru ~~











magelang, 30 januari 2014

Sabtu, 21 Desember 2013

roommate :*

ehemm cek cek
lama ngga nulis blog. kangen juga haha
padahal lagi banyak banyaknya tugas. kan daripada nugas mending nulis gini. 
emm di postingan ini aku sedikit crita tentang temen asrama. nggak nyangka banget ketemu temen se aneh mereka *ehh*
awal dateng ke asrama, asli sepi banget. itu kan karena aku juga yang datengnya kecepetan ding. 1 hari sebelum jadwal masuk. -_-
aku dapet kamar 19. tempat nya enak sih. adem. tapi deretan belakang :3
hari berikutnya mulai berdatengan tu temen asrama. pertama dateng itu multi *jeng jeng*
petama liat multi langsung inget sama tanteku. rada mirip sih.
terus asih sama vinu. datengnya barengan. ya maklum rumahnya deketan sih. dianterin sama orang tuanya. ibu nya asih pas mau pulang nangis segala. aaaa bikin homesick waktu itu :3
naaahh yang terakhir dateng itu ayu, anak jegardah. kesan pertama liat ayu itu eemmm :D
kita ber 5 udah kayak keluarga disini.
vinu sebagai ibu *tapi kita kita ngga punya ayah* -_-
asih sebagai anak pertama. soalnya baikkk banget kaya aku  :D
ayu sebagai emmm adiknya asih. padahal kayaknya pantesan jadi anak bungsu
multi jadi kakaknya aku. ultahnya selisih sehari sama aku sih. ngga kece ya ultahnya urutan haha
dan aku jadi anak bungsu. posisi yang paling aku pengenin. enak aja gitu dianggep anak terakhir dan punya kakak kakak banyak.


dari atas sebelas kiri. vinu, ayu, asih
yang di depan dari kiri, multi, aku 
......
awalnya sih kita ber-5 jaim - jaiman. masih nyembunyiin tentang diri nya yang asli.
tapi lama - kelamaan yaa nongol juga sikap aslinya haha
pada saling cerita tentang pribadi masing masing. sampe yang nggak kalah penting tentang pacar. *oke cuma aku yang nggak punya pacar.* tapi ada yang aku ceritain kok kalo mereka lagi cerita pacarnya. haha :D
LDR an semua ini ceritanya.
vinu sama fajar anak STAN. katanya sih udah pacaran 2tahun. tapi mereka tu cuek cuekan gitu. komunikasinya juga nggak sering-sering amat. paling cuma sms an. yaa emang dasarnya cuek sih :3
multi LDR an sama anak UNNES teknik mesin. katanya sih kayak habibie - ainun gitu. multi jadi bidan terus hakim jadi teknisi. mereka kalo lagi ngambekan tahan ngga komunikasi sampe 1 minggu. ada ada aja yaa. haha
kalo ayu sama joko. mereka berdua tu unik banget. kalo telponan mesti eyel eyelan. ngga mau ngalah salah satu. kalo lagi telponan bawaannya pengen ketawa. lucu. kalo lagi ngambekan apalagi. gengsian mau minta maaf duluan haha  :D
nah yang LDR an paling jauh tu asih. pacarnya di Malaysia. jauhnyaaa. bayangin aja kalo mau sms mbayarnya Rp 600 per sms. *aturan kalo sesama di indonesia Rp 600 udah bisa buat sms an sampe ratusan. banyak bonusnya*. LDR yang dijalani juga kece. berhubung mahal sms an maka nya cuma ngandelin facebook buat komunikasi. *pukpukin asih*
.......
paling enak tuh ngusilin temen kalo lagi telponan sama pacarnya. sok manas manasin gitu lah haha
tapi sialnya yang sering diusilin itu aku, padahal aku juga telponan bukan sama pacarnya aku -_-
doyan banget deh ngusilinnya. bzzz
tapi dibalik itu, keluarga kamar 19 nyenengin banget. udah kayak keluarga deh.
kalo ada yang tugasnya banyak, nanti temen yang lain nemenin begadang. akhirnya banyakan ngobrolnya daripada ngerjain tugasnya :D
yang paling nyenengin itu kalo lagi piket tapi males piket ntar ada yang nggantiin haha
diantaranya ke-4 anaknya ibu vinu yang paling hiperaktif itu multi. sukanya nyanyi nyanyi, njoget njoget pokoknya bikin ketawa yang liat deh. unik. kalao ngga mau dibilang aneh :D
......
kemaren kemaren pas ultahnya ibuk vinu udah direncanain ngerjain pake topeng sama kain putih putih. nah yang jadi tukang nakutin itu multi. tujuannya biar ntar vinu takut trus nangis abis itu sok so sweet gitu dateng kue ulang tahunhnya.nah pas malem - malem jam 3 an multi beraksi nakut - nakutin vinu. tapi vinu nggak takut. malah yang takut aku -_- bisa dibilang senjata makan tuan akhirnya kejadiannya nggak sesuai rencana. gagal totaaaal *pukpukin multi*
nih nih foto fotonya :

 makan makan dibayarin vinu :D



itu multi yang jadi setan. dan aku lagi tutupan pake selimut di kasur -_-



walopun gagal. tapi kue nya tetep ada dong buat vinu :D

walopun jauh dari orang tua masing - masing, tapi kami disini udah kayak keluarga yang ngga kalah deketnya kayak keluarga dirumah {}


magelang, 21-12-2013
*19

Rabu, 13 November 2013

senja

senja
entah mengapa senja itu ada
seperti pertarungan antara siang dan malam
yang menghasilkan warna yang ahh sulit terjelaskan
dan suasana damai yang tak terjadi di waktu lain
saat banyak doa doa terpanjatkan
harapan dimana esok hari harus lebih baik dari hari tadi
waktu dimana rutinitas sehari - hari terhenti sejenak
terganti dengan waktu untuk keluarga
saat para penanti menggoreskan segaris kecil catatan penantiannya
menanti pertemuan yag tak kunjung terlaksana
pantai, senja, dan aku
ini bukan karena masa laluku
masa laluku telah terkubur bersama senja laludan terbawa ombak
aku tak peduli
senja ini untuk masa depanku
dimana pengharapan yang terpanjatkan untuk senja yang lebih indah esok hari ~~

magelang, 13112013
 
 
 

Selasa, 23 Juli 2013

ini waktu pengumuman kelulusan

ciyeee pengumuman kelulusan :D
gila deg deg an setengah mati gue nungguin hasil pengumuman keluar. males makan males mandi males mbantuin nyokap males nafas *nahlo*
pengumumannya kan tggal 24 mei 2013 kebetulan bertepatan sama ultah bokap gue *asli bikin double deg deg an*
malem hari sebelum pengumuman temen - temen gue pada sms galo galo gitu lah, namanya juga lagi nuggu. perempuan mana yg ga kepengaruh sama sms galo dari temen sendiri *ya sebenernya cuma gue aja sh yg kepengaruh*
tapi sumpah semaleman gue ga bisa tidur mikirin besok lulus apa kagak. *doa mulu
untung ada pacar gue *eh pacar?em ya pokoknya org spesial deh* yang nenangin kegalauan yang gue alami, tapi ya tetep aja galau *nyaah
....
pagi harinya gue online twitter, ehh ada yg ngetwit katanya hasil un bisa diliat online di website kemendiknas. gue penasaran setengah mati. oke buka laptop trus mulai search. 1 jam berlalu web yang gue buka masih buffer mulu gada perkembangan. oke sabar. 1 jam setengah gue mulai rada ga sabaran. oke mungkin penggunanya bnyak. 2 jam dan gue nyerah! sial, lama banget. oke lupain hasil un online.
jam 11 nyokap gue udah geger berangakat ke acara wisuda (sekalian ngumumin hasil un) disekolah gue. padahal undangannya jam 13.00 *semangat abis* jadilah gue berangakat jm setengah 12.
perjalanan dari rumah gue kesekolah itu butuh perjuangan ekstra, naik turun bukit *alebay
....
sampe disekolah, nyokap masuk keruang D 11 dan gue nunggu di luar penuh harap, semoga lulus. Gak lama nyokap dapet amplop yg isi nya kertas ada tulisan LULUS  :D


jarak

selamat siang jarak
terimakasih telah menguatkan aku selama ini
membuat aku belajar bersabar menunggu
menunggu waktu dimana aku dan dia bisa bertatap muka
belajar tentang kesetiaan
kesetiaan menunggu kabar misalnya
jarak
membuat aku belajar lebih dewasa
dewasa dalam menyikapi kesibukan masing masing tanpa menuntut banyak hal dari satu pihak
lewat jarak aku titipkan kisah aku dan dia
hingga akhirnya kami dapat berpelukan menyingkirkan jarak